Makanan rendah kalori baik untuk jaga berat tubuh. Setiap makanan memiliki kandungan kalori yang diperlukan untuk badan. Tetapi, bila jumlahnya kalori yang masuk lebih beberapa dari jumlahnya kalori yang dipakai, karena itu bisa menyebabkan pada penambahan berat tubuh. Bila Anda tidak mau berat tubuh makin bertambah, sebaiknya Anda konsumsi makanan rendah kalori. 
Makanan rendah kalori bermanfaat untuk menyamakan di antara jumlahnya kalori yang masuk serta jumlahnya kalori yang diperlukan badan, namun memberi rasa kenyang. 

Beberapa Type Makanan Rendah Kalori 

Di bawah ini ialah beberapa makanan rendah kalori yang baik dikonsumsi untuk jaga berat tubuh Anda. 

1. Sayur-sayuran serta buah-buahan 

Telah jadi rahasia umum bila sayur dan buah ialah dua type makanan yang sehat serta tentunya baik untuk badan. Sayuran memiliki kandungan kalori yang rata-rata sejumlah kurang dari 100 kalori per ukuran saji. Contohnya saja brokoli, timun, wortel, asparagus, kembang kol, seledri, tomat, serta kubis. 
Sedang buah-buahan yang mempunyai kandungan kalori yang rendah, yakni semangka, strobery, bluberi, anggur, kismis, jeruk bali, lemon, serta jeruk nipis. 
Untuk cemilan, konsumsi satu cangkir (seputar 175 gr) anggur lebih sehat dibanding kismis, sebab kalori dalam satu cangkir anggur sama dengan seperempat cangkir kismis. Diluar itu, konsumsi anggur akan membuat Anda merasakan lebih kenyang dibanding konsumsi kismis. 

2. Kacang-kacangan serta biji-bijian 

Tidak hanya buah dan sayur, kacang-kacangan serta biji-bijian termasuk juga makanan rendah kalori. Contohnya saja, satu genggam kacang almond (seputar 10-15 kacang almond) cuma memiliki kandungan seputar 80 kalori, diluar itu konsumsi 10 biji kacang pistachio cuma memberikan kalori seputar 40 kalori. Bila lapar antara jam makan, Anda dapat konsumsi popcorn yang benar-benar rendah kalorinya, asal tidak ditambah lagi mentega atau gula. Tiga 1/2 cangkir popcorn cuma memiliki kandungan 100 kalori. 

3. Ikan 

Ikan termasuk juga pada makanan rendah kalori. Diluar itu, kandungan omega-3 yang ada dalam ikan memiliki kandungan banyak faedah buat kesehatan, terhitung untuk kurangi peradangan serta melakukan perbaikan kesehatan jantung. Beberapa macam ikan yang rendah kalorinya ialah salmon (116 kalori per 100 gr), ikan kod (82 kalori per 100 gr), tongkol, serta tuna. Yakinkan ikan yang dikonsumsi, diproses secara sehat , yakni ditumis dengan dikit minyak atau dikukus. Jauhi menggoreng ikan. 
Bila Anda kurang senang konsumsi ikan, type daging lain yang rendah lemak ialah daging yang berwarna putih, seperti dada ayam. Yakinkan Anda menyisihkan kulit ayam yang tinggi kalori serta rendah nutrisinya.