Tahukah Anda apakah itu flavonoid? Flavonoid ialah barisan senyawa bioaktif yang banyak diketemukan pada bahan makanan yang datang dari tumbuhan. Flavonoid sama dengan anti-oksidan, yang mempunyai bermacam faedah untuk badan Anda, seperti bisa melakukan perbaikan sel yang rusak karena radikal bebas. Suplemen flavonoid disangka dapat kurangi efek kanker, hipertensi, serta diabetes. 
Anda mungkin sudah mengetahui faedah anti-oksidan, vitamin C, vitamin E, serta beta karoten yang baik untuk badan Anda, kan? Sama dengan anti-oksidan, flavonoid mempunyai faedah serta fungsi besar buat kesehatan badan Anda. 
Lalu, sumber makanan apa yang banyak terkandung senyawa flavonoid itu? Beberapa minuman dan makanan yang diakui memiliki kandungan senyawa mengagumkan ini, misalnya: 

1. Rosella 

Ekstrak rosella diakui baik untuk menyembuhkan cholesterol tinggi, hipertensi, serta diabetes type 2. Namun, pemakaian herbal ini jadi penyembuhan masih butuh ditelaah selanjutnya sebab belum ada studi yang ideal pada manusia untuk memandang keamanan, dosis efisien, serta dampaknya buat kesehatan. 

2. Apel 

Di buah apel terdapat flavonoid yang bernama quercetin. Kandungan senyawa ini sangat mungkin Anda untuk jarang bertandang ke dokter untuk berobat. Quercetin itu disebutkan bisa menahan serangan jantung, menahan katarak, mengatur asma, serta percepat pengobatan kenaikan asam lambung Anda. Tetapi riset ini masih hanya terbatas pada hewan. Dampak senyawa quercetin pada kesehatan jantung pada manusia belum ditelaah serta masih membutuhkan studi selanjutnya. 

3. Anggur merah 

Minuman anggur merah atau red wine ini rupanya kaya kandungan flavonoid yang bisa turunkan efek penyakit jantung. Bila memang Anda bukan seseorang peminum, Anda bisa mendapatkan faedah ini dengan minum juice anggur yang berwarna ungu. Kandungan flavonoid ini ada pada zat warna kulit anggur merah. 

4. Sirsak 

Buah yang banyak tumbuh di wilayah tropis ini memiliki kandungan anti-oksidan seperti fenol (semacam flavonoid), potasium, vitamin C, E. Kandungan ini disebutkan bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker serta hipertensi. Anti-oksidan pada sirsak dapat menolong kurangi radikal bebas. Walau dipandang baik, masih dibutuhkan studi selanjutnya untuk pastikan dampak penyembuhan, dosis efisien, serta resikonya pemakaian suplemen ini pada manusia. 

5. Belimbing wuluh 

Buah yang bernama latin Averrhoa Bilimbi ini tinggi Vitamin C, asam oksalat, tannin, asam amino, serta anti-oksidan seperti flavonoid. Tanaman tradisionil ini diakui berguna untuk menyembuhkan hipertensi, cholesterol tinggi, kanker, serta diabetes. Tetapi dampak ini masih hanya terbatas pada riset pada hewan. Maka, butuh studi selanjutnya untuk memastikan dosis efisien serta resikonya pemakaiannya pada manusia. Diluar itu, buah ini memiliki kandungan banyak asam oksalat yang bila dikonsumsi terlalu berlebih bisa memperberat keadaan tidak berhasil ginjal kronis. 

6. Kacang kedelai 

Satu diantara sumber flavonoid yang tinggi ada pada kacang kedelai. Beberapa riset paling akhir mengatakan jika kacang kedelai disangka mempunyai faedah dalam menahan kanker payudara, menolong kurangi kandungan gula darah pada diabetes, kurangi cholesterol, serta menolong kurangi tanda-tanda menopause. Tetapi bukti ini masih butuh ditelaah selanjutnya. 
Diluar itu, flavonoid banyak juga diketemukan pada sumber makanan atau minuman lain seperti teh hijau, jeruk, pare, rempah-rempah, serta biji-bijian. Tanaman herbal tersendiri, seperti keladi tikus, memiliki kandungan banyak flavonoid.